MERDEKA BELAJAR MOMENTUM TERBAIK UNTUK GURU INDONESIA DI HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2021

 Sungguh bangga menjadi Guru Indonesia yang diberikan AMANAH Undang-Undang Dasar 1945 untuk mencerdaskan anak bangsa,bukanlah tugas enteng tetapi mulia untuk menjalankannya

Sejak adanya Organisasi PGRI yang mewadahi perjuangan guru di Indonesia semakin lengkap sudah legalitas guru untuk berkiprah di negara yang sudah merdeka ini

Merdeka yang secara maknawi adalah sebuah pembebasan dan kebebasan dari fisik dan mental yang telah terjajah ratusan tahun oleh para penjajah,namun berkat perjuangan para pejuang yang gigih dan berani dengan dikorbankan air mata,darah dan nyawa akhirnya kemerdekaan itu terwujud dan sekarang menikmati dan mengisi kemerdekaan itu.

Kini,sekarang dan ke depan guru sebagai Garda terdepan  MENGAWAL AMANAH kemerdekaan itu  mempunyai tugas dan tanggung jawab mencipta para pewaris bangsa yaitu anak-anak usia sekolah menjadi pejuang mengisi dan mempertahankan kemerdekaan itu di dunia pendidikan.

Tanpa Pendidikan Negara ini tidak akan maju dan menjadi negara berkembang terlebih negara modern yang serba canggih di era globalisasi Digitalisasi informasi dan komunikasi .

Oleh karena itu melalui tulisan ini kita berbagi pengalaman dalam dunia pendidikan dan Education of Teaching di antaranya untuk menjadi guru berwawasan ,berinspiratif,berinovatif dan berkomunikatif.

1. GURU BERWAWASAN

Sangatlah penting seorang guru mempunyai wawasan dengan selalu belajar dan belajar dalam memperkaya khazanah keilmuan dan pengalaman,dengan mengikuti berbagai diklat,bimtek,workshop,diskusi melalui lembaga atau organisasi FKG,MGMP atau lainnya juga dari pelatihan keguruan yang di adakan oleh pemerintah atau lainnya agar lebih luas dan referensi keilmuan  dalam metode pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pendidikan .

Ditambah dengan mengliterasikan berbagai referensi membaca dan menelaah dari buku-buku sebagai pelengkap dan pembanding buku-buku yang sudah dijadikan buku paket untuk pembelajarannya.

Dengan berwawasan diharapkan guru mampu mengekspor dan mentransfer serta mentraspormasikan kepada anak didiknya dengan baik dan tepat guna

2. GURU BERINSPIRATIF.

Sebuah ide atau konsep yang terlahir dari pemikiran yang dituangkan ke dalam gagasan menjadi sebuah pernyataan dan statemen merupakan inspiratif seorang guru dalam menata dan menyusun ke arah proses pembelajaran yang baik dan akan menghasilkan yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pendidikan.

Dengan hasil pemikiran itu guru akan mampu menganalis dan realistis dalam pembelajaran kepada siswa didiknya hingga akan tercipta proses KBM yang menyenangkan dan mengasyikkan yang tidak keluar dari RPP dan Silabus itu sendiri sebagai konsep perangkat pembelajaran.

3. GURU BERINOVATIF

Inovasi dalam pendidikan merupakan peran penting juga dalam proses pembelajaran yang akan menghasilkan kreatif dan produktif terhadap siswa didik hingga menghasilkan sebuah produk yang berimmaterial dan material yang akan mereka dapat  para anak didik untuk terus belajar dan mengexplor kan dalam pengembangan diri dan intelektualnya para siswa didik.

BERINOVASI GURU dengan cara:

A. Kreatifitas mencipta dan memadukan antara RPP dan Silabus menjadi sebuah kolaborasi yang pas dan tepat dalam proses pembelajaran

B. Motivasi kepada siswa didik dengan mengapersepsi dan mengonfirmasi arah dan tujuan pembelajaran

C. Menjadikan siswa sebagai subyek informasi agar terbuka pemikiran mereka dalam menterjemahkan arah dan tujuan pembelajaran dengan sesama siswa atau penggunaan diskusi interaktif dan penggunaan digitalisasi yang tersedia.

D. Merangkum dan menstimulasi kan hasil proses pembelajaran menjadi sebuah kesepakatan bersama bahwa itu adalah komitmen pembelajaran yang harus dijadikan sebagai hasil akhir pembelajaran.

4. BERKOMUNIKATIF

Penyebab tidak tercapainya hasil akhir pembelajaran salah satu nya tidak terjalin komunikasi dua arah yang kurang efektif bisa disebabkan kemampuan guru yang mungkin tidak bisa mengolah atau meramu komunikasi itu yang menyenangkan  yang tidak dikuasai oleh guru hingga siswa kurang faham atau kurang tanggap dalam menganalisa informasi yang dimaksud oleh guru hingga terjadi mis dalam menterjemahkan dan aplikasinya

Disinilah perlunya seorang guru mampu pula rethorika education untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam memahami informasi yang diberikan.

Diantara Rethorika Education yang harus di miliki guru yaitu:

A. Kefasihan dalam penyampaian tiap materi pembelajaran yang harus jelas dan danta(detail)

B. Menguasai materi yang akan disampaikan dengan membaca dan menelaah dahulu sebelum diberikan dan buat sinopsis singkat dari materi itu

C. Mampu kendalikan emosi dan jangan terpengaruh suasana siswa /kelas 

D. Kondisikan dahulu suasana kelas agar kondusif saat penyampaian materi pembelajaran.  dll

Di hari Pendidikan Nasional 2021 ini jadikan Momentum Merdeka Belajar yakni dengan :

1. Memberikan kebebasan cara berfikir siswa dalam menterjemah kan materi pembelajaran dari berbagai sudut pandangnya

2. Memberikan apresiasi hasil pemikiran siswa  walau ada perbedaan dengan konseptual guru yang sudah disiapkan

3. Mensupport diri dengan memperbanyak referensi dan literasi membaca dan cara berfikir 

4. Menyampaikan ide dan konsep pembelajaran tanpa adanya tekanan atau beban baik secara materi pembelajaran atau psikis penyampaiannya

5. Memerdekakan dan Membebaskan diri dari belenggu pemikiran yang khawatir atau takut salah atau takut tidak berhasil dalam meraih hasil proses pembelajaran

6. Tanamkan dalam diri bahwa menjadi Guru adalah panggilan hati dan menjalankan amanah negara dalam mencerdaskan pewaris bangsa serta merupakan ibadah kepada Tuhan YMK.

7. Keluar dari zona nyaman dengan idealisme klasik bahwa guru hanya mengajar setelah itu selesai,namun ada tugas selain itu yakni menciptakan siswa yang mempunyai  PEMIKIRAN dan  SIKAP  KEMANDIRIAN sebagai modal MENYONGSONG Kehidupan di abad 21

semoga tetap  jaya dan berkah GURU INDONESIA.






Komentar

Posting Komentar